RSS

Tikus, Mencit, dan Cecurut

Hi Guys. .
pastinya kalian sudah pernah mendengar ketiga kata tsb bukan. . ??Yap, binatang ini sering kita jumpai di sekitar kita. Saat mendengar namanya disebut, tentunya yg terbayang di benak kita: jijik, kotor, pencuri makanan, hehehe. . Yah, meskipun sebagian dari spesies ini menjadi binatang piaraan beberapa orang. .

Next, kenapa saya tertarik mencoba menulis tentang mereka??Yeah,,ini berawal dari pengalaman saya mengunjungi museum Zoologi LIPI Bogor saat KKL smt.4 lalu. .

Di museum tsb, kami (-saya dan mahasiswa Pend Bio '10 UNS) dapat melihat awetan berbagai macam spesies hewan di dunia ini, dari yang seukuran ujung jari kami, sampai yang besarnya berkali lipat dari tubuh kami. . .Wow!!Subhanallah. .;)
Singkat cerita, tibalah kami di suatu ruangan awetan Mammals. .Emm, takjub campur gimanaa gitu. .di ruangan tsb kami dapat melihat awetan kera/monyet, anjing, harimau, dsb. . Teman-teman saya mencoba mengambil gambar dengan berpose bersama awetan2 tsb, biar keliatan ngeri gitu pose bersama hewan2 buas, padahal sama awetannya ajaa. .;p
Tetapi,,saya lebih tertarik dengan awetan yang disimpan dalam wadah kaca yang diletakkan di atas meja: Rodentia. .Lebih kecil dari Mammals yang saya sebutkan di atas, berrambut (agak kotor), dan mempunyai gigi pengerat. Kemudian saya membaca nama spesies  yg tertera: Tikus, Mencit, dan Cucurut. .Loh, apa bedanya yaa. . ??Mulai deh saya baca satu persatu keterangan spesies yang ada. .Saya pun tertarik, karena ketiganya sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari kami, tapi org2 sering salah kaprah menyebutnya, ternyata mereke bertiga beda loh. . .
Sesampainya di rumah, saya coba tanya mbah Google alias searching di Google, dan inilah hasilnya. .:

Tikus adalah mamalia yang termasuk dalam suku Muridae. Spesies tikus yang paling dikenal adalah mencit (Mus spp.) serta tikus got (Rattus norvegicus) yang ditemukan hampir di semua negara dan merupakan suatu organisme model yang penting dalam biologi; juga merupakan hewn peliharaan yang populer.


Tikus putih atau Mencit


Mencit (Mus musculus) berukuran kecil. Mencit mudah dijumpai di rumah-rumah dan dikenal sebagai hewan pengganggu karena kebiasaannya menggigiti mebel dan barang-barang kecil lainnya, serta bersarang di sudut-sudut lemari.
Hewan ini diduga sebagai mamalia terbanyak kedua di dunia, setelah manusia. Mencit sangat mudah menyesuaikan diri dengan perubahan yang dibuat manusia, bahkan jumlahnya yang hidup liar di hutan barangkali lebih sedikit daripada yang tinggal di perkotaan.
Mencit percobaan (laboratorium) dikembangkan dari mencit, melalui proses seleksi. Sekarang mencit juga dikembangkan sebagaihewan peliharaan.
Tikus putih sering digunakan sebagai sarana penelitian biomedis, pengujian dan pendidikan. Kaitannya dengan biomedis, tikus putih digunakan sebagai model penyakit manusia dalam hal genetika. Hal tersebut karena kelengkapan organ, kebutuhan nutrisi, metabolisme, dan bio-kimia-nya cukup dekat dengan manusia. Tikus putih yang dimaksud adalah seekor tikus dengan seluruh tubuh dari ujung kepala sampai ekor serba putih, sedangkan matanya berwarna merah jambu.

Tikus got
Tikus gottikus coklattikus rumah besar atau tikus laboratorium (Rattus norvegicus) adalah salah satu spesies tikus yang paling umum dijumpai di perkotaan. Hasil seleksi terhadap hewan ini banyak digunakan sebagai hewan percobaan (dikenal sebagai tikus putih) dan sebagai hewan peliharaan (dengan warna bervariasi). 

Tikus sawah
Tikus sawah digolongkan dalam kelas vertebrata (bertulang belakang), ordo rodentia (hewan pengerat), famili muridae, dan genus Rattus. Tubuh bagian dorsal/ punggung berwarna coklat kekuningan dengan bercak-bercak hitam di rambut-rambutnya, sehingga secara keseluruhan tampak berwarna abu-abu. Bagian ventral/perut berwarna putih keperakan atau putih keabu-abuan. Permukaan atas kaki seperti warna badan, sedangkan permukaan bawah dan ekornya berwarna coklat tua. Tikus betina memiliki 12 puting susu (6 pasang), dengan susunan 1 pasang pada pektoral, 2 pasang pada postaxial, 1 pasang pada abdomen, dan 2 pasang pada inguinal. Pada tikus muda/predewasa terdapat rumbai rambut berwarna jingga di bagian depan telinga. Ekor tikus sawah biasanya lebih pendek daripada panjang kepala-badan dan moncongnya berbentuk tumpul.

Tikus rumah
Tikus rumah (Rattus rattus) adalah hewan pengerat biasa yang mudah dijumpai di rumah-rumah dengan ekor yang panjang dan pandai memanjat serta melompat. Hewan ini termasuk dalam subsuku Murinae dan berasal dari Asia. Namun demikian, ia lalu menyebar ke Eropa melalui perdagangan sejak awal penanggalan modern dan betul-betul menyebar pada abad ke-6. Selanjutnya ia menyebar ke seluruh penjuru dunia. Tikus rumah pada masa kini cenderung tersebar di daerah yang lebih hangat karena di daerah dingin kalah bersaing dengan tikus got.
Tidak seperti saingannya, tikus got, tikus rumah adalah perenang yang buruk dan bangkainya sering ditemukan di sumur-sumur. Namun demikian, ia lebih gesit dan pemanjat ulung, bahkan berani "terbang". Warnanya biasanya hitam atau coklat terang, meskipun sekarang ada yang dibiakkan dengan warna putih atau loreng. Ukurannya biasanya 15-20 cm dengan ekor ± 20cm. Hewan ini nokturnal dan pemakan segala, namun menyukai bulir-bulir. Betinanya mampu beranak kapan saja, dengan anak 3-10 ekor/kelahiran. Umurnya mencapai 2-3 tahun dan menyukai hidup berkelompok.

Itu hasil Googling-nya kawan2. . kalau hasil pengamatan saya waktu di Museum Zoologi:








Namun ada yang harus kita ketahui loh kawan, selain merugikan, ternyata spesies-spesies tsb memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. . ;) Bagaimanapun, tidak ada ciptaan Tuhan yang sia-sia, bukan??


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

7 komentar:

Dhee mengatakan...

Dengaren tulisanmu dowo? Biasane gur koyo nyetatus. :p

MarieZ mengatakan...

hahah, lg mood, bysane ad ide mles ngetik, hehe

Dhee mengatakan...

Mosok iki ketikan? Lha kok ungu waenane?

MarieZ mengatakan...

qn dwernani iso. . .py s??

Listiawan Wawan mengatakan...

haha... follow blog ku mar... www.alaskawruh.co.nr

MarieZ mengatakan...

ok list. . kw follow aq jg yoo. .

tonymarchel lolonlun mengatakan...

terima kasih atas informasinya
i love u
bisa minta no hp...???

Poskan Komentar