RSS

Tugas Review Kegiatan Praktikum

Baru kali ini praktikum gag diberi tugas membuat laporan sementara, tapi buat review, alias -bisa dibilang- cerita kita selama kegiatan praktikum berlangsung. OK, it's not a problem. Lagian lumayan buat isi blog, hehe. . .

Gag tau bener kayak gini ap bkn yg dmaksud dengan review, y. .smoga benerlah, ;)


REVIEW PRAKTIKUM PERTUMBUHAN FISIOLOGI TUMBUHAN

            Praktikum Fisiologi Tumbuhan kegiatan 4 dengan judul “Pengaruh Dosis Pemupukan NPK terhadap Respon Pertumbuhan dan Produksi beberapa Kultivar Kentang Hitam (Coleus tuberosum) dilaksanakan pada Sabtu, 15 September 2012. Namun sehari sebelumnya, saya dan teman-teman Pendidikan Biologi 2010 telah melakukan pencampuran kompos dengan tanah yang akan digunakan sebagai media tanam.
          Kegiatan ini diagendakan mulai pukul 07.00 WIB. Maka, pada hari Sabtu tersebut, saya berangkat dari rumah 15 menit sebelumnya, kemudian mampir untuk menjemput teman (Puput). Setelah menjemput teman, saya segera menuju UKM untuk mengambil ember yang akan digunakan untuk keperluan praktikum dan selanjutnya ke Green House, yaitu bangunan di kompleks Laboratorium Pusat UNS yang digunakan sebagai tempat perawatan tanaman, di mana bangunan tersebut didominasi dengan banyaknya kaca untuk masuknya cahaya matahari. Sesampainya di Green House, kami (saya dan teman) tidak menyangka bahwa keadaan Green House ternyata memang perlu untuk dibersihkan. Melihat alat kebersihan yang tersedia hanya 1-2 buah, maka saya dan Puput kembali ke UKM untuk meminjam 3 sapu lantai, 1 serok sampah, dan 1 kemoceng. Setelah mendapatkan alat kebersihan yang diperlukan, maka kami bergegas kembali ke Green House dan bersama teman-teman yang lain mebersihkan lantai 2. Keadaan ruang Green House di lantai 2 memang jauh dari yang kami harapkan. Ruang tersebut penuh debu, sarang laba-laba beserta penghuninya menempel di sudut-sudut dinding, beberapa blender yang sedikit rusak, kardus kosong, tanaman-tanaman dalam polybag kecil yang terkesan tidak terawat, serta bak wastafel yang penuh dengan genangan air serta tanah yang mengering dan keras. Saya memilih menyapu lantai dengan sapu lantai, dan ternyata tidak cukup satu kali menyapu untuk membuat lantai ruang tersebut terbebas dari debu. Setelah selesai menyapu sekali dengan sapu lantai, saya mengambil sapu lidi untuk menyapu bagian lantai yang terbuat dari semen. Memang tidak bisa langsung bersih, sehingga teman lain kembali menyapu agar lantai lebih bersih, meskipun debu tidak sepenuhnya dapat tersapu bersih. Sewaktu kami menyapu, PJ kegiatan praktikum (Yutam) mengabarkan bahwa jumlah kompos dan tanah yang akan kami gunakan sebagai media tanam ternyata kurang, sehingga beberapa teman yang awalnya ditugaskan di Green House membantu teman-teman yang mendapat tugas pengemasan media tanam di Gd.D FKIP untuk membeli kompos. Sebagian teman laki-laki kembali ke daerah danau F.Pertanian untuk mengambil tanah dengan cangkul.
            Seusai menyapu, sekitar pukul setengah sembilan, saya dan teman-teman kembali ke bawah menunggu agenda berikutnya. Sesaat kemudian, PJ meminta teman-teman yang mendapat tugas membersihkan Green House untuk membantu memindahkan polybag-polybag yang sudah berisi bahan tanam dari Gd.D FKIP ke Green House. Segera saya dan Nikmah menuju Gd.D dan melaksanakan tugas dari PJ. Setelah kurang lebih 3 kali perjalanan Gd.D – Green House, semua bahan tanam sudah terangkut ke halaman Green House. Sementara itu, teman-teman yang mendapat tugas membeli kompos sudah kembali ke Green House dan membawa kompos yang diperlukan. Kompos dibuka dan kembali dicampur dengan tanah untuk membuat bahan tanam. Sementara itu, beberapa teman menambahkan bahan tanam ke dalam polybag yang sudah disiram air. Saat itu, saya dan teman-teman duduk menunggu di halaman Green House, karena dua pekerjaan di atas sudah dipenuhi teman-teman yang lain. Sesaat kemudian, sekitar pukul setengah sepuluh, saya bersama Sutinah menuju danau F.Pertanian untuk mengambil tanah yang sudah dicangkul. Sesampainya di sana, setelah menunggu kurag lebih 15 menit, seorang teman dari Green House mengabarkan bahwa persediaan tanah sudah cukup. Maka teman-teman laki-laki yang mencangkul tanah di daerah danau F.Pertanian menghentikan pekerjaannya. Sedangkan, saya dan Sutinah kembali ke Green House dengan membawa 1 buah cangkul.       Sesampainya di Green House, saya duduk bersama teman-teman. Setelah melihat tanah dan kompos kembali dicampur dan dicangkul, maka saya dan teman-teman mengambil polybag (yang sudah diberi lubang-lubang kecil) dan takaran tanah dari botol air mineral untuk membuat bahan tanam (tanah+kompos dalam polybag). Saya berpasangan dengan Yudha memasukkan bahan tanam ke polybag. Setelah selesai mengisi beberapa polybag, saya dan teman-teman mencuci tangan. Teman-teman lain yang tidak bertugas memasukkan bahan tanam ke polybag, memberi label pada polybag-polybag yang sudah terisi bahan tanam tersebut.
           Kira-kira pukul 11 siang, setelah polybag selesai diberi label, saya dan teman-teman mengangkut polybag-polybag tersebut untuk dipindahkan ke lantai 2 Green House dengan jalan “diranting” (salur-menyalur). Setelah semua polybag terangkut ke atas, saya dan teman-teman dan juga asisten masuk ke dalam ruang lantai 2 untuk mengerjakan langkah praktikum selanjutnya, yaitu memasukkan bibit kultivar tanaman kentang hitam. Namun sebelum bibit dimasukkan, untuk memudahkan dalam pengamatan selanjutnya, maka polybag-polybag diatur sesuai dengan macam kultivar dan kelompok pengamatan/praktikum. Setelah polybag tersusun dalam ruang dan barisan yang tepat, selanjutnya bibit kultivar dimasukkan ke dalam bahan tanam yaitu dengan cara membuat lubang kecil pada bahan tanam dan memasukkan perlahan-lahan bibit kentang hitam, sampai tunasnya tertutup bahan tanam. Langkah berikutnya yaitu menaburkan pupuk NPK sesuai dosis yang ditentukan ke bahan tanam, namun hanya di bagian pinggir, agar tidak merusak bibit yang sudah ditanam.

            Sekitar pukul 11.30 WIB, praktikum selesai. Saya dan beberapa teman membereskan alat-alat kebersihan yang sebelumnya dipakai untuk membersihkan Green House dan kemudian meninggalkan Green House untuk mempersiapkan agenda praktikum mata kuliah yang lain.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar