RSS

Resensi Novel

I Data Publikasi Buku


Judul : Jilbabers in Trouble
Pengarang : Asma Nadia
Birulaut
Penyunting : Salman Iskandar
Adrian Nugraha
Penerbit : DAR! Mizan
Tahun terbit : 2005
Urutan cetakan : Cetakan I
Ukuran dimensi buku : 17 x 11,5 cm
Jumlah halaman : 188






II Gambaran Isi Buku

Garis besar isi buku
Buku ini menceritakan kehidupan Jai dan Jim. Jai dan Jim adalah remaja kakak beradik yang selalu rukun dan saling menyayangi. Keduanya memiliki tujuan berbeda yang ingin dicapai. Dalam mencapai tujuan tersebut, keduanya harus menghadapi berbagai rintangan.
Jamilah Imprezza atau yang sering dipanggil Jim adalah seorang siswi SMA Twenty One yang sedang membuat keputusan besar dalam hidupnya. Jim memutuskan untuk mengubah penampilannya, penampilan berjilbab. Sebelum memutuskan untuk berjilbab, Jim mengalami kebimbangan yang luar biasa. Banyak pikiran negatif mengganggunya dalam menentukan pilihan. Namun beruntung ada Sarah yang selalu mendukung dan menasihatinya.
Setelah memutuskan untuk berjilbabpun, Jim masih harus menanggapi komentar-komentar negatif tentang penampilan barunya itu. Mulai dari tatapan tak percaya dari sahabat-sahabatnya hingga sakitnya sang ibu karena terkejut melihat Jim berjilbab. Banyak godaan yang dilalui Jim saat harus mempertahankan keputusannya itu seperti omongan-omongan negatif tentang wanita berjilbab dan rasa gerah yang tak tertahankan ketika berjilbab di siang hari yang terik.
Namun Jim bisa melalui semua itu. Ia selalu ingat kata-kata Sarah,”Memutuskan untuk berjilbab itu jauh lebih mudah daripada mempertahankannya, yang penting tetap istiqamah, Jim! ”
Berbeda dengan Jim yang berjuang untuk mempertahankan keputusannya berjilbab, sang kakak yang bernama lengkap Zaki Equivalent Ilham atau lebih sering dipanggil Jai harus berjuang untuk meraih cita-citanya, yaitu menjadi seorang artis. Segala cara dilakukannya untuk meraih impian itu. Mulai dari mengikuti casting pemain figuran hingga observasi lapangan untuk mengasah bakat aktingnya.
Selain bermimpi menjadi artis, mahasiswa jurusan teater IKJ ini bermimpi suatu saat nanti ia akan menjadi pendamping hidup Sarah, mahasiswi jurusan design grafis IKJ yang terkenal cantik, solehah, dan pandai berorganisasi.

Judul-judul Bab
Resahnya Jai
Resahnya Jamilah
Jamilah vs Ib-se
Tampang Baru di Sekolah
Jilbabers in Trouble
Jilbabers Mantap!
Pengumuman
Casting
Observasi
Latihan, Yuk!
Never Ending Story

Kekhasan buku
Buku ini merupakan salah satu novel remaja yang disajikan dengan bahasa yang santai namun mudah dipahami sehingga para remaja akan lebih tertarik untuk membacanya. Amanat penulis disampaikan melalui cerita-cerita kocak dan bahasa yang tidak menggurui pembaca. Tidak seperti novel remaja pada umumnya, buku ini merupakan bacaan ringan namun cukup mendidik.

Hal-hal menarik
Dalam buku ini dicantumkan tips bekal casting dan tips untuk istiqamah dalam berjilbab yang tidak ada dalam buku-buku yang lain.


III Kepengarangan

Asma Nadia adalah nama pena dari Asmarani Rosalba. Cerita bersambung, serial, cerpen remaja, dan cerita anak karyanya tersebar di berbagai media. Profilnya dimuat dalam buku ”Profil Perempuan Pengarang, Peneliti, dan Penerbit di Indonesia” karena prestasinya yang luar biasa. Kini ibu dua anak ini menjabat sebagai Ketua I Forum Lingkar Pena.
Birulaut adalah seorang lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Jurusan Teater. Cerpen-cerpennya dimuat dalam antalogi ”Telah Menyapa Cinta”. Selain menulis dan menjadi editor, Birulaut sesekali bekerja sebagai astrada film maupun penulis skenario.




IV Bahasa Buku

Gaya / ragam bahasa
Bahasa yang digunakan dalam buku ini adalah bahasa sehari-hari yang digunakan para remaja, sedikit tidak baku, santai, namun mudah dipahami.

Struktur kalimat / diksi
Buku ini menggunakan struktur kalimat dan diksi seperti pada umumnya, sederhana, dan mudah dipahami.

Kecermatan ejaan
Meskipun menggunakan bahasa yang sedikit tidak baku, ejaan-ejaan dalam penyampaiannya hampir tidak ada kesalahan sama sekali.


V Analisis Tinjauan Buku

Keunggulan buku
Buku ini disajikan dengan bahasa yang santai namun mudah dipahami. Cerita-cerita kocak di dalamnya membuat pembaca tidak merasa bosan ketika membacanya, malah semakin ingin tahu jalan cerita berikutnya. Bahasanya yang sesuai dengan karakter remaja membuat cerita ini lebih mengena di hati sehingga amanat-amanat yang ingin disampaikan penulis lebih mudah dicerna para pembacanya.

Kelemahan buku
Meskipun memiliki banyak keunggulan, buku ini masih memiliki kelemahan. Akhir cerita terkesan menggantung (tidak jelas) sehingga membuat pembaca penasaran. Selain itu, buku ini menceritakan dua tokoh utama yang berbeda arah ceritanya.

Manfaat
Ada banyak manfaat yang akan diperoleh pembaca setelah membaca buku ini. Selain dapat dijadikan sebagai hiburan yang mendidik, buku ini juga menambah keyakinan remaja putri untuk berjilbab dan mempertahankannya. Buku ini juga dapat menambah semangat para remaja untuk memperjuangkan cita-cita.


VI Saran untuk Pembaca / Pembeli

Buku ini merupakan salah satu jenis novel remaja yang disajikan dengan bahasa remaja pada umumnya. Layak dibaca semua kalangan, khususnya para remaja. Cerita-cerita di dalamnya yang kocak sangat menghibur pembaca. Cerita-cerita di dalamnya juga mengandung amanat yang penting yang disajikan dengan bahasa yang tidak menggurui pembaca.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar